Contoh Analisis Marketing Communication : Teh Pucuk

 

 



Gambar 1 : Visual Teh Pucuk

 

Daftar harga harga Teh Pucuk

harga

Teh Pucuk harum minuman [350 mL]

Rp3.500

TEH PUCUK harum jasmine minuman teh [350 mL]

Rp2.350

Teh Pucuk harum minuman [350 mL]

Rp3.000

TEH PUCUK harum less sugar minuman teh instant [350 mL]

Rp4.500

Teh Pucuk Harum.

                                      

 

1.     Advertising

 

Iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal dengan menggunakan media berbayar untuk mengiklankan organisasi, produk atau jasa, ataupun ide. Beriklan merupakan cara yang paling banyak dijumpai pada setiap produk karena dengan beriklan maka dapat mengontrol pesan, menjangkau khalayak luas, dan efektif untuk menciptakan brand awareness. Namun juga terdapat kekurangannya yaitu biaya yang mahal, kredibilitas yang dipertanyakan konsumen, iklan yang clutter, dan susahnya menilai efektivitas.

 

Dalam hal ini Teh Pucuk Harum mrnggunakan beberapa media untuk beriklan, diantaranya media telivisi dan out of home (OOH). Dalam jangka menjangkau pasarnya yang luas maka media utama dan paling berperan yang diginakan oleh Teh Pucuk adalah media televisi, lalu didukung dengan media out of home. Dari waktu ke waktu iklan Teh Pucuk sudah mempunyai beberapa versi iklan. Pada saat pertama kali diluncurkan ke pasaran, iklan yang ditayangkan adalah versi ulat yang berusaha menuju pucuk teh. Iklan ini cukup menarik perhatian banyak orang karena kontennya yang lucu.

 

Menurut survey kecil-kecilan dari page facebook Teh Pucuk, dari 25 orang, 22 diantaranya mengetahui produk Teh Pucuk dari iklan televisi. Banyak diantara mereka yang melihat iklan itu sebagai iklan yang lucu karena penggunaan maskot ulat Teh Pucuk beserta konten dari iklannya. Bisa disimpulkan bahwa awal kemunculan Teh Pucuk di pasaran mampu mendapatkan perhatian dari khalayaknya lewat iklan di televisi.

 

 

Selain menggunakan media televisi, iklan TV Teh Pucuk juga didukung dengan adanya iklan out of home. Out of home yang digunakan oleh teh pucuk yaitu billboard. Billboard yang diletakkan di beberapa kota di Indonesia dengan desain yang beragam dan menarik dengan tujuan pesannya agar tersampaikan sehingga menarik perhatian khalayak ramai.

 

Text Box: Bagan 2 : Billboard Teh Pucuk

 

 

 

2.     Direct Marketing

 

Direct Marketing merupakan sebuah cara untuk mengkomunikasikan suatu produk secara langsung kepada khalayaknya untuk meningkatkan respon dan transaksi. Adapun contoh dari direct marketing adalah tatap muka, SMS, direct mail, flyer, brosur, katalog, telemarketing, email, dll.

Direct marketing sering kali digunakan oleh Teh Pucuk Harum dengan cara bekerja sama dengan beberapa retailer produk seperti hypermarket, alfamart, carrefour, indomaret, lawson, 7eleven, dll. Biasanya jika terdapat promosi maka akan disebarkan melalui flyer dan katalog. Adapun contoh direct marketing berbentuk flyer yang pernah dilakukan oleh Teh Pucuk adalah, indomaret yang menawarkan pembelian dua bungkus slai olai strawberry maka gratis satu botol teh pucuk harum, selain itu pada pembelian dua bungkus roma sari gandum juga akan mendapat gratis satu botol Teh Pucuk. Selain melakukan beberapa kerja sama dengan retailer produk, Teh Pucuk juga melakukan kerja sama dengan retailer makanan seperti Lotteria, Wendy’s dan Rumah makan. Contohnya pada pemesanan Lotteria Special Combo maka gratis Teh Pucuk Harum.

Selain memanfaatkan flyer, katalog juga digunakan untuk menyampaikan promosi kepada khalayaknya. Biasanya di dalam sebuah katalog akan terdapat beberapa produk lainnya yang menawarkan sejumlah promosi. Teh Pucuk pernah memuat promonya di sejumlah katalog, diantaranya katalog hypermarket, superindo, carrefour, indomaret, dan alfamart.

 

3.     Sales Promotion

 

Sales Promotion merupakan aktivitas marketing yang memberikan ekstra value ataupun insentif yang diberikan kepada distributor maupun konsumen dalam rangka mendongrak penjualan. Biasanya bisa berbentuk kupon, sampling, potongan harga, hadiah undian, point of purchase material dll.

IMC tools ini merupakan salah satu strategi yang paling menentukan keberhasilan Teh Pucuk Harum dari awal memasuki pasar Indonesia hingga saat ini. Berbagai cara dilakukan demi menarik perhatian masyarakat yang sebelumnya sudah setia dengan produk lain menjadi ingin mencoba produk Teh Pucuk Harum. Banyak sekali bentuk-bentuk sales promotion yang dilakukan demi meningkatkan awareness khalayaknya dan untuk merebut pasar dari kompetitor Teh Pucuk Harum. Salah satu contoh sales promotion yang dilakukan Teh Pucuk Harum berkaitan dengan direct marketing yang sudah dijelaskan di atas yaitu brosur yang berupa potongan harga. Potongan harga sering kali dilakukan untuk menggerakkan konsumen agar membeli dengan frekuensi dan kuantitas yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan demi peningkatan penjualan, namun di lain sisi potongan harga diberikan karena suatu produk yang hampir mendekati tanggal kadaluarsa.

Selain memberikan potongan harga, Teh Pucuk membagikan sample secara gratis ke mall-mall, dan event-event tertentu. Hal ini tentunya efektif untuk membuat orang tertarik mencoba produk ini untuk pertama kalinya dan diharapkan terjadinya pembelian produk Teh Pucuk Harum.

 

 

 

 

 

4.     Word of Mouth

 

Word of Mouth  merupakan strategi marketing yang mengandalkan rekomendasi dan review dari konsumen, baik secara personal maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa sehingga bisa menggaet lebih banyak pelanggan baru potensial.

Dalam hal ini Teh Pucuk sering menampilkan review dari kepuasan para pelanggannya atas produknya melalui iklan atau platform medianya yang bertujuan untuk mempersuasi dan meyakinkan khalayak akan produknya. Tidak hanya itu, Teh Pucuk dalam memasarkan produknya dan untuk menjangkau para khlayaknya, Teh Pucuk melakukan strategi untuk bisa mengalahkan para pesaingnya dengan menyerang secara langsung dan head to head Pada segmen HOREKA ( hotel, restouran, kantin), Teh Pucuk Harum juga secara langsung memasuki komunitas para pedagang gerobak mie ayam, bakso, dan sebagainya.

 

5.      Interactive Marketing/Internet Marketing

 

Interactive Marketing/Internet Marketing adalah sebuah bentuk marketing communication lewat media interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah di mana pengguna bisa ikut berpartisipasi. Cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh marketer saat ini karena disebabkan kemajuan teknologi. Internet marketing dapat berupa website dan sosial media

Sebab itu, Teh Pucuk Harum  juga memanfaatkan berbagai media internet untuk menjangkau pasarnya yang lebih luas.Penggunaan media ini mempunyai tujuan  yaitu sebagai wadah  untuk menjaga hubungan dengan para konsumennya yang berupa pemberian  informasi, tips, maupun hiburan. Terdapat beberapa platform yang digunakan Teh Pucuk dalam menggunakan internet marketing yaitu melalui website dan sosial media.

 

-          Website

-          Facebook

-          Twitter

-          Instagram

-          Youtube

 

 

6.     Public Relation/ Publicity

 

Public Relation/ Publicity merupakan komunikasi non-personal terkait suatu organisasi, produk, service, atau ide yang secara tidak langsung dibayar atau dalam rangka sponsorship. Beberapa teknik yang digunakann untuk publisitas adalah news releases, press conferences, artikel, fotografi, dan film. Keuntungan dari publisitas adalah adanya kreadibilitas yang tinggi di bandingkan beriklan.

Public Relation merupakan fungsi manajemen yang mempengaruhi perilaku publik dengan cara mengidentifikasi memahami kondisi dan kepentingan publik sehingga berhasil mendapat dukungan dan kepercayaan dari publik. Biasanya bentuk public relation adalah fund-raising, aktivitas komunitas, kegiatan layanan masyarakat, event sponsorship.

Dalam seluruh rangkaian IMC, strategi ini lah yang paling digencarkan oleh Teh Pucuk Harum yaitu melalui penyelenggaraan berbagai macam event, sponsorship, program CSR, dan publikasi tentunya. Teh Pucuk Harum selama ini lebih banyak bermain di media below the line untuk secara langsung menjangkau khalayaknya. Dari awal peluncurannya yaitu tahun 2011 sampai saat ini, Teh Pucuk sudah sangat sering membuat event-event yang diselenggarakan oleh mereka sendiri yaitu diantaranya Cosplay Competition, Teh Pucuk Ngabuburit, Teh Pucuk Harum Support JakBlues, Pucuk Harum Support JakJazz 2012, dll.

 

7.       Personal Selling

 

Personal Selling merupakan cara yang paling efektif karena biasanya dilakukan secara tatap muka sehingga bisa membangun preferensi dan keyakinan pembeli sehingga konsumen tergerak untuk membeli suatu produk. Selain menggunakan strategi public relation/publicity, strategi ini juga merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh Teh Pucuk diantara strategi lainnya. Mereka selalu hadir di dalam rangkaian acara mulai dari acara yang kecil sampai acara yang besar. Banyak sekali acara kecil yang dihadiri oleh Teh Pucuk Harum seperti saat Car Free Day, Sumatera Bike Week, Jalan Santai, acara Cap Go Meh di Karawang, sepeda santai di Cibadak, Pendawa Explore, Kartini Festival, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam berbagai acara tersebut Teh Pucuk mendirikan stand mereka yang bertujuan untuk secara langsung mengajak orang yang ada disana untuk membeli produk Teh Pucuk dengan menawarkan promo-promo yang ada. Selain itu untuk menambah nilai jual dan keunikan maka dihadirkan lah beberapa maskot Teh Pucuk untuk turut meramaikan suasana stand.

 

8.     Events and Experience

 

Event and Experience merupakan program dan kegiatan perusahaan yang disponsori dirancang untuk menciptakan  yang berhubungan dengan interaksi mereka secara harian atau khusus.

Dalam hal ini, Teh Pucuk banyak melakukan event-event atau ikut serta dalam berbagai acara event tertentu. Teh Pucuk sudah sangat sering membuat event-event yang diselenggarakan oleh mereka sendiri yaitu diantaranya Cosplay Competition, Teh Pucuk Ngabuburit, Teh Pucuk Harum Support JakBlues, Pucuk Harum Support JakJazz 2012, dll. Selain itu, banyak sekali acara kecil yang dihadiri oleh Teh Pucuk Harum seperti saat Car Free Day, Sumatera Bike Week, Jalan Santai, acara Cap Go Meh di Karawang, sepeda santai di Cibadak, Pendawa Explore, Kartini Festival, dan masih banyak yang lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Marketing Mix : Bear Breand

Analisis Visual Pada Iklan Pocari Sweat