Contoh Analisis Marketing Communication : Teh Pucuk
Gambar 1 : Visual Teh Pucuk
Daftar harga
harga Teh Pucuk |
harga |
Teh Pucuk harum minuman
[350 mL] |
Rp3.500 |
TEH PUCUK harum jasmine
minuman teh [350 mL] |
Rp2.350 |
Teh Pucuk harum minuman
[350 mL] |
Rp3.000 |
TEH PUCUK harum less sugar
minuman teh instant [350 mL] |
Rp4.500 |
Teh
Pucuk Harum.
1.
Advertising
Iklan
merupakan bentuk komunikasi non-personal dengan menggunakan media berbayar
untuk mengiklankan organisasi, produk atau jasa, ataupun ide. Beriklan
merupakan cara yang paling banyak dijumpai pada setiap produk karena dengan
beriklan maka dapat mengontrol pesan, menjangkau khalayak luas, dan efektif
untuk menciptakan brand awareness. Namun juga terdapat kekurangannya yaitu
biaya yang mahal, kredibilitas yang dipertanyakan konsumen, iklan yang clutter,
dan susahnya menilai efektivitas.
Dalam
hal ini Teh Pucuk Harum mrnggunakan beberapa media untuk beriklan, diantaranya
media telivisi dan out of home (OOH).
Dalam jangka menjangkau pasarnya yang luas maka media utama dan paling berperan
yang diginakan oleh Teh Pucuk adalah media televisi, lalu didukung dengan media
out of home. Dari waktu ke waktu
iklan Teh Pucuk sudah mempunyai beberapa versi iklan. Pada saat pertama kali
diluncurkan ke pasaran, iklan yang ditayangkan adalah versi ulat yang berusaha
menuju pucuk teh. Iklan ini cukup menarik perhatian banyak orang karena
kontennya yang lucu.
Menurut
survey kecil-kecilan dari page facebook Teh Pucuk, dari 25 orang, 22
diantaranya mengetahui produk Teh Pucuk dari iklan televisi. Banyak diantara
mereka yang melihat iklan itu sebagai iklan yang lucu karena penggunaan maskot
ulat Teh Pucuk beserta konten dari iklannya. Bisa disimpulkan bahwa awal
kemunculan Teh Pucuk di pasaran mampu mendapatkan perhatian dari khalayaknya
lewat iklan di televisi.
Selain
menggunakan media televisi, iklan TV Teh Pucuk juga didukung dengan adanya
iklan out of home. Out of home yang digunakan oleh teh pucuk yaitu billboard. Billboard
yang diletakkan di beberapa kota di Indonesia dengan desain yang beragam dan
menarik dengan tujuan pesannya agar tersampaikan sehingga menarik perhatian
khalayak ramai.
2.
Direct Marketing
Direct
Marketing merupakan sebuah cara untuk mengkomunikasikan suatu produk secara
langsung kepada khalayaknya untuk meningkatkan respon dan transaksi. Adapun
contoh dari direct marketing adalah tatap muka, SMS, direct mail, flyer,
brosur, katalog, telemarketing, email, dll.
Direct marketing sering kali digunakan
oleh Teh Pucuk Harum dengan cara bekerja sama dengan beberapa retailer produk
seperti hypermarket, alfamart, carrefour, indomaret, lawson, 7eleven, dll.
Biasanya jika terdapat promosi maka akan disebarkan melalui flyer dan katalog.
Adapun contoh direct marketing berbentuk flyer yang pernah dilakukan oleh Teh
Pucuk adalah, indomaret yang menawarkan pembelian dua bungkus slai olai
strawberry maka gratis satu botol teh pucuk harum, selain itu pada pembelian
dua bungkus roma sari gandum juga akan mendapat gratis satu botol Teh Pucuk.
Selain melakukan beberapa kerja sama dengan retailer produk, Teh Pucuk juga
melakukan kerja sama dengan retailer makanan seperti Lotteria, Wendy’s dan
Rumah makan. Contohnya pada pemesanan Lotteria Special Combo maka gratis Teh
Pucuk Harum.
Selain
memanfaatkan flyer, katalog juga digunakan untuk menyampaikan promosi kepada
khalayaknya. Biasanya di dalam sebuah katalog akan terdapat beberapa produk
lainnya yang menawarkan sejumlah promosi. Teh Pucuk pernah memuat promonya di
sejumlah katalog, diantaranya katalog hypermarket, superindo, carrefour,
indomaret, dan alfamart.
3.
Sales Promotion
Sales
Promotion merupakan aktivitas marketing yang memberikan ekstra value ataupun
insentif yang diberikan kepada distributor maupun konsumen dalam rangka
mendongrak penjualan. Biasanya bisa berbentuk kupon, sampling, potongan harga,
hadiah undian, point of purchase material dll.
IMC
tools ini merupakan salah satu strategi yang paling menentukan keberhasilan Teh
Pucuk Harum dari awal memasuki pasar Indonesia hingga saat ini. Berbagai cara
dilakukan demi menarik perhatian masyarakat yang sebelumnya sudah setia dengan
produk lain menjadi ingin mencoba produk Teh Pucuk Harum. Banyak sekali
bentuk-bentuk sales promotion yang dilakukan demi meningkatkan awareness
khalayaknya dan untuk merebut pasar dari kompetitor Teh Pucuk Harum. Salah satu
contoh sales promotion yang dilakukan Teh Pucuk Harum berkaitan dengan direct
marketing yang sudah dijelaskan di atas yaitu brosur yang berupa potongan
harga. Potongan harga sering kali dilakukan untuk menggerakkan konsumen agar
membeli dengan frekuensi dan kuantitas yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan
demi peningkatan penjualan, namun di lain sisi potongan harga diberikan karena
suatu produk yang hampir mendekati tanggal kadaluarsa.
Selain
memberikan potongan harga, Teh Pucuk membagikan sample secara gratis ke
mall-mall, dan event-event tertentu. Hal ini tentunya efektif untuk membuat
orang tertarik mencoba produk ini untuk pertama kalinya dan diharapkan
terjadinya pembelian produk Teh Pucuk Harum.
4.
Word of Mouth
Word
of Mouth merupakan strategi marketing yang
mengandalkan rekomendasi dan review dari konsumen, baik secara
personal maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa sehingga bisa menggaet
lebih banyak pelanggan baru potensial.
Dalam hal ini Teh Pucuk sering menampilkan review
dari kepuasan para pelanggannya atas produknya melalui iklan atau platform
medianya yang bertujuan untuk mempersuasi dan meyakinkan khalayak akan
produknya. Tidak hanya itu, Teh Pucuk dalam memasarkan produknya dan untuk
menjangkau para khlayaknya, Teh Pucuk melakukan strategi untuk bisa mengalahkan
para pesaingnya dengan menyerang secara langsung dan head to head Pada
segmen HOREKA ( hotel, restouran, kantin), Teh Pucuk Harum juga secara langsung
memasuki komunitas para pedagang gerobak mie ayam, bakso, dan sebagainya.
5. Interactive
Marketing/Internet Marketing
Interactive
Marketing/Internet Marketing adalah sebuah bentuk marketing communication lewat
media interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah di mana
pengguna bisa ikut berpartisipasi. Cara ini merupakan cara yang paling banyak
digunakan oleh marketer saat ini karena disebabkan kemajuan teknologi. Internet
marketing dapat berupa website dan sosial media
Sebab
itu, Teh Pucuk Harum juga memanfaatkan
berbagai media internet untuk menjangkau pasarnya yang lebih luas.Penggunaan
media ini mempunyai tujuan yaitu sebagai
wadah untuk menjaga hubungan dengan para
konsumennya yang berupa pemberian
informasi, tips, maupun hiburan. Terdapat beberapa platform yang
digunakan Teh Pucuk dalam menggunakan internet
marketing yaitu melalui website
dan sosial media.
-
Website
-
Facebook
-
Twitter
-
Instagram
-
Youtube
6.
Public Relation/ Publicity
Public Relation/
Publicity merupakan komunikasi non-personal terkait suatu organisasi, produk, service, atau ide yang secara tidak langsung dibayar atau dalam
rangka sponsorship. Beberapa teknik yang digunakann untuk publisitas adalah news releases, press conferences, artikel,
fotografi, dan film. Keuntungan dari publisitas adalah adanya kreadibilitas
yang tinggi di bandingkan beriklan.
Public Relation
merupakan fungsi manajemen yang mempengaruhi perilaku publik dengan cara
mengidentifikasi memahami kondisi dan kepentingan publik sehingga berhasil
mendapat dukungan dan kepercayaan dari publik. Biasanya bentuk public relation adalah fund-raising,
aktivitas komunitas, kegiatan layanan masyarakat, event sponsorship.
Dalam
seluruh rangkaian IMC, strategi ini lah yang paling digencarkan oleh Teh Pucuk
Harum yaitu melalui penyelenggaraan berbagai macam event, sponsorship, program CSR, dan publikasi tentunya. Teh Pucuk
Harum selama ini lebih banyak bermain di media below the line untuk secara langsung menjangkau khalayaknya. Dari
awal peluncurannya yaitu tahun 2011 sampai saat ini, Teh Pucuk sudah sangat
sering membuat event-event yang
diselenggarakan oleh mereka sendiri yaitu diantaranya Cosplay Competition, Teh Pucuk Ngabuburit, Teh Pucuk Harum Support
JakBlues, Pucuk Harum Support JakJazz
2012, dll.
7. Personal Selling
Personal Selling
merupakan cara yang paling efektif karena biasanya dilakukan secara tatap muka
sehingga bisa membangun preferensi dan keyakinan pembeli sehingga konsumen
tergerak untuk membeli suatu produk. Selain menggunakan strategi public relation/publicity, strategi ini
juga merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh Teh Pucuk diantara
strategi lainnya. Mereka selalu hadir di dalam rangkaian acara mulai dari acara
yang kecil sampai acara yang besar. Banyak sekali acara kecil yang dihadiri
oleh Teh Pucuk Harum seperti saat Car
Free Day, Sumatera Bike Week,
Jalan Santai, acara Cap Go Meh di Karawang, sepeda santai di Cibadak, Pendawa Explore, Kartini Festival, dan masih
banyak yang lainnya.
Dalam
berbagai acara tersebut Teh Pucuk mendirikan stand mereka yang bertujuan untuk
secara langsung mengajak orang yang ada disana untuk membeli produk Teh Pucuk
dengan menawarkan promo-promo yang ada. Selain itu untuk menambah nilai jual
dan keunikan maka dihadirkan lah beberapa maskot Teh Pucuk untuk turut
meramaikan suasana stand.
8.
Events and Experience
Event and Experience merupakan
program dan kegiatan perusahaan yang disponsori dirancang untuk
menciptakan yang berhubungan dengan
interaksi mereka secara harian atau khusus.
Dalam
hal ini, Teh Pucuk banyak melakukan event-event
atau ikut serta dalam berbagai acara event
tertentu. Teh Pucuk sudah sangat
sering membuat event-event yang
diselenggarakan oleh mereka sendiri yaitu diantaranya Cosplay Competition, Teh Pucuk Ngabuburit, Teh Pucuk Harum Support
JakBlues, Pucuk Harum Support JakJazz
2012, dll. Selain itu, banyak sekali acara kecil yang dihadiri oleh Teh Pucuk
Harum seperti saat Car Free Day,
Sumatera Bike Week, Jalan Santai,
acara Cap Go Meh di Karawang, sepeda santai di Cibadak, Pendawa Explore, Kartini Festival, dan masih
banyak yang lainnya.
Komentar
Posting Komentar