Komunikasi Vebal & Nonverbal


Bismillah..
Assalamu'alaikum Warrahmaatullah Wabarakatuh

Hi Sobat! Gimana kabarnya nih.. semoga selalu baik-baik saja ya. Oh ya, disini penulis ada sebuah informasi nih yang layak untuk kalian fahami supaya komunikasi kalian jauh lebih membaik. Berkomunikasi  merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh setiap orang, maka itu disini penulis ingin memberikan informasi tentang Komunikasi Verbal dan Non Verbal yang wajib kalian fahami agar kalian tidak sering salah faham dalam berkomunikasi dengan orang lain. So tanpa perlu panjang lebar kita langsung saja menuju ke materinya.

KOMUNIKASI VERBAL

    Komunikasi verbal merupakan sebuah proses penyampaian pesan dengan menggunakan kata-kata melalui lisan ataupun tulisan, yang menjadikan Bahasa sebagai sistem kode verbal nya.

    Di dalam  komunikasi sehari-hari, komunikasi verbal sering digunakan dalam hal positif bahkan juga dalam hal negatif. Digunakan dalam hal positif seperti penyampaian sebuah informasi, sedangkan dalam hal negatif seperti menghina, membuly dan lainnya. Baik secara langsung ataupun menggunakan jejaring sosial media. Perlu kita ingat berhati-hatilah dalam menggunakan sosial media, sebab sudah ada undang-undang ITE yang selalu mengawasi apabila ada penyalah gunaan. Ketika sudah memahami etika dalam berkomunikasi seharusnya kita dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan komunikasi verbal ini. 


    Ketika kita berkomunikasi dengan positif maka kita akan mendapatkan respon yang positif kembali. Sebaliknya, jika kita berkomunikasi dengan negatif mungkin kita juga akan mendapatkan repon yang negatif. So, semua itu berasal dari bagaimana cara kita berkomunikasi.

Fungsi Komunikasi Verbal
  1. Penamaan ( labelling )
  2. Interaksi
  3. Transmisi/ pertukaran informasi
Makna Kata

    Setiap kata-kata mempunyai makna dan kitalah yang memberi makna pada kata tersebut. Secara umum ada dua cara untuk dapat memahami nilai dari sebuah kata-kata verbal, sebagai berikut :
  • Denotatif
    Suatu pengertian yang dikandung sebuah kata dengan menilai secara objektif. Seing juga makna Denotatif disebut sebagai konseptual. Seperti kata makan, maka akan bermakna memasukan sesuatu ke dalam mulut, dikunyah dan ditrlan.
  • Konotatif 
    Cara orang menyampaikan sebuah pesan informasi, maka bisa kita maknai secara sendiri. Orang yang menyampaikan informasi secara tulus, maka ia akan menyampaikannya secara lemah lembut. Jikalau ada orang yang menyampaikan sebuah informasi dengan kurang baik, mungkin pesan yang ia sampaikan tidak dilakukan secara tulus dan ikhlas. Inillah sebuauah contoh konotatif yang harus difahami di dalam komunikasi veerbal.


KOMUNIKASI NON VERBAL

    Komunikasi non verbal merupakan suatu komunikasi yang tidak menggunakan atau tanpa kata. Didalam komunikasi non verbal ini menggunakan suatu lambang atau simbol-simbol, yang biasanya ditampilkan seseorang melalui gimik wajah dan gestur tubuh.

Jenis-Jenis Komunikasi Non Verbal
  1. Kinestetik : Gerakan tubuh
  2. Gestural : Mimik wajah
  3. Proksemik : Pengaturan jarak dan ruang
  4. Artikulasi : Penampilan tubuh
  5. Paralingustik : Cara mengucapkan verbal
Fungsi Komunikasi Non Verbal
  1. Repetisi atau pengulangan
  2. Kontradiksi atau berlawanan
  3. Substitusi atau penggantian
  4. Komplemen atau pelengkap
  5. Aksentuasi atau penekanan

    Nahh.. itu tadi pembahasan tentang Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Ada sebuah saran nih buat sobat semua, dalam berkomunikasi hendaknya juga memperhatikan pemilihan kosakata dan penyesuaian tinggi rendah nada dalam menyampaikan sebuah pesan, itu dilakukan supaya komunikasi berjalan dengan baik dan bisa saling memahami. 

    Sekian pembahasan kali ini, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang tepat dan apabila ada pertanyaan, silahkan tulis komentar di kolom komentar. Thanks You And See You Next Time..

Wassalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Marketing Mix : Bear Breand

Contoh Analisis Marketing Communication : Teh Pucuk

Analisis Visual Pada Iklan Pocari Sweat